Minggu, 05 Februari 2012

Seutas Tali Harapan


Berbicara soal harapan....siapa sih makhluk didunia ini yang tidak punya harapan???
Baik orang tua, anak-anak dan pasti punya sebuah atau bahkan lebih dari satu harapan dalam hidupnya....

Tahukah kawan....menurut saya ada hal mendasar yang membedakan antara 3 buah kata yang berdekatan maknanya....yakni Kebutuhan, Keinginan dan Harapan....

Kebutuhan merupakan segala sesuatu yang kita harus dapatkan demi menunjang hidup kita.....sehingga menentukan apakah hidup kita di dunia berkualiatas atau tidak dari seberapa banyak kita dapat memenuhi kebutuhan kita.

Lain halnya dengan Keinginan....Keinginan biasanya timbul akibat motif-motif tertentu dan biasanya berisfat temporer. Nah ini dia yang sering menjadi masalah bagi sebagian besar orang. Ada kalanya kita tidak dapat memenuhi semua keinginan kita. Karena sesungguhnya yang namanya keinginan itu 'tanpa batas', dan karena mata,pikiran dan hati kita yang tertutup maka dalih dan pembelaan kita akan berkata bahwa keinginan kita itu adalah kebutuhan kita,,padahal yang namanya kebutuhan sudah pasti Allah jamin ketersediaannya,,minimal kebutuhan dasar kita.hanya bagaimana kita bisa memberdayakannya saja. Dan pada akhirnya,akibat adanya keinginan yang tak terpenuhi munculah yang namanya sebuah kesenjangan antara keinginan kita dengan fakta yang kita dapatkan.

Nah kalau yang namanya Harapan....Harapan itu....
Semua keinginan kita yang telah memiliki kesenjangan dengan fakta yang mungkin akan atau telah terjadi dan  telah dapat kita ukur bahwa kita tidak dapat mengatasi kesenjangan itu.
Mengapa seperti itu....?? Rasa sebuah harapan memiliki sebuah sensasi kecemasan, kekhawatiran akibat ketidakpastian yang kita rasakan akan keinginan kita.

Tapi masalahnya adalah....hidup kita itu terlalu baik kawan....mengapa tidak??? Orang sering beranggapan bahwa semakin kuat dan besar harapan kita terhadap sesuatu maka akan mengantarkan kita semakin dekat dengan harapan kita dan berharap kita dapat meraihnya suatu saat nanti.....nanti....dan nanti...tidak ada sebuah kepastian....dan teringat kata-kata yang terucap oleh Will Smith dalam Film yang berjudul 'Pursuit Happiness', dia mengatakan pada anaknya "It's Possibly".....So, artinya dia sendiri tidak tahu apakah yang ia katakan itu bisa terjadi atau tidak.

Maka satu kata yang dapat mewakili dari harapan-harapan yang besar dan kuat dari semua orang adalah......YAKIN....yup keyakinan....

Keyakinan merupakan sebuah keniscayaan bagi setiap orang, tidak samar, kabur apalagi palsu.....
Karena pangkal-pangkal dari  sebuah keyakinan hanya ada pada diri kita dan Allah SWT....
Diibaratkan sebagai seutas Tali dengan kedua ujung pangkalnya....maka keyakinan akan tergantung dari apakah Allah mau "menggenggam" salah satu pangkal tali tersebut untuk kita dan apakah kita kuat memegang pangkal lainnya. Sekali kita lengah untuk tidak menggenggam erat dan kuat tali tersebut maka tali itu hanya akan berubah menjadi sebuah Harapan sehingga konsekuensinya adalah bagaimana kita mengahadapi sebuah kekhawatiran, kecemasan akan kepastian dari sebuah keyakinan.

 Satu hal....Doa akan membuat "genggaman" kita akan sebuah keyakinan menjadi semakin kuat.
Berharap boleh saja kawan....tapi sesegera mungkin ubahlah kepada sebuah keyakinan jika benar-benar kita mennginginkannya.....

Kalau Sheila On 7 berlirik..."Aku berhenti berharap, dan menunggu datang gelap"
maka mulai saat ini saya akan berlirik..."Aku berhenti berharap, dan menjemput datang terang...karena Saya Yakin....Yakin dan Yakin...

Yakin untuk mendapat RidhoNya....dengan segudang BONUS...berupa "Siapa", "Apa", dan "Berapa"....

Selamat buat orang yang telah merubah Harapannya menjadi sebuah Keyakinan yang Besar, Kuat dan Mendalam....

Bagi yang belum...silahkan terus BERHARAP....hingga nanti,...nanti....dan nanti....
atau bersama-sama merubahnya mulai dari detik ini menjadi sebuah KEYAKINAN.....

Trust Me....It Works....n_n
Wassalamualaykum Wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut

We Love Palestine

We Love Palestine